artikelby: ahmad on: 2011-11-05 00:00:18 telah dilihat sebanyak 6573

Jam 11 Pagi Waktu Ideal untuk Minum Kopi

Pukul 11 pagi merupakan waktu yang paling baik untuk menikmati kopi. Pernyataan ini merupakan hasil rumusan yang dibuat para ilmuwan di Oxford University.

Rasa kopi bukanlah satu-satunya faktor yang membuat waktu mengopi terasa menyenangkan. Tata cahaya, alunan musik, aroma kopi dan suasana pun turut meracik keasyikan menikmati kopi.

Profesor Charles Spence dari Department of Experimental Psychology di Oxford University membuat sebuah rumus yang melibatkan enam faktor. Keenam faktor tersebut adalah, flavour atau rasa yang ditandai dengan variabel (F), environment atau lingkungan yang sempurna (E), tempat kopi itu disajikan (P), dengan siapa Anda meminum kopi (C), dan time atau waktu saat menikmati kopi (T). Variabel-variabel tersebut kemudian dirumuskan untuk menghasilkan momen mengopi yang paling mengasyikkan yang diwakili dengan variabel (M).

Rumusan Spence untuk menghasilkan momen mengopi yang paling sempurna adalah sebagai berikut: M = 0.5 x F + (0.5 x E + 0.3 x P + 0.15 x C + 0.05 x T.

Dari rumusan tersebut, diketahui bahwa pukul 11 pagi merupakan waktu paling ideal menikmati kopi dengan teman di sebuah ruangan dengan pencahayaan sedikit temaram, ditemani alunan musik lembut.

"Formula ini menggambarkan bagaimana menciptakan momen menikmati kopi yang sempurna di rumah atau kantor. Kita semua tahu bahwa rasa merupakan bagian penting dalam sebuah pengalaman mencicipi minuman dan makanan," kata Spence seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (11/3/2010).

Rumusan yang dipublikasikan dalam laporan yang dinamamakan "Changing Tastes" ini memberikan pemahaman bagaimana pengaruh luar seperti lingkungan dan suasana juga mempengaruhi interpretasi otak terhadap rasa dan keasyikan menikmati minuman dan makanan. Studi ini didanai oleh Starbuck dan menjadi acuan bagi kedai kopi ternama itu untuk memberikan kepuasan bagi para konsumennya.


(sumber)