artikelby: ahmad on: 2011-09-09 00:01:07 telah dilihat sebanyak 7154

Vitamin C Asli dari Makanan Bantu Turunkan Risiko Katarak

Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai macam sumber makanan. Sebuah penelitian di India menemukan orang dewasa yang mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dari makanan bisa mengurangi risiko terkena katarak.

Katarak adalah suatu kondisi kekeruhan lensa mata yang menjadi penyebab masalah penglihatan paling umum pada orang tua. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa asupan antioksidan yang cukup termasuk vitamin C bisa mengurangi risiko terjadinya katarak.

Dalam studi ini para peneliti menganalisis lebih dari 5.600 orang India dewasa yang berusia 60 tahun ke atas. Partisipan ini ditanya seputar kebiasaan gaya hidup dan mengukur kadar vitamin C dalam darahnya.

Secara keseluruhan diketahui hampir 73 persen partisipan mengalami katarak. Tapi risiko ini bisa diturunkan atau dikurangi jika asupan vitamin C nya meningkat terutama yang berasal dari makanan.

Hasil yang didapatkan adalah asupan vitamin C yang tinggi mengurangi risiko katarak hingga 39 persen dibanding dengan orang yang asupan vitamin C nya rendah. Tentu saja faktor-faktor lain seperti pendapatan, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi dan diabetes tetap diperhitungkan.

Hal ini secara biologis masuk akal, karena vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang berarti bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang oleh kondisi stres oksidatif.

"Studi laboratorium dan hewan menunjukkan vitamin C memainkan bagian penting dalam melindungi lensa mata dari stres oksidatif," ujar Astrid E Fletcher dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/7/2011).

Fletcher menuturkan mata sebagai organ yang berfungsi untuk melihat termasuk salah satu yang sangat rentan terhadap stres oksidatif. Cahaya adalah hal penting untuk melihat, tapi cahaya juga bisa merusak lensa ketika ia menyerap radiasi ultraviolet yang merupakan sumber utama dari stres oksidatif.

Untuk itu tak ada salahnya jika mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, grapefruit, paprika hijau dan merah, buah kiwi, stroberi, brokoli dan tomat. Hal ini bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin C sehingga mengurangi risiko katarak.