artikelby: ahmad on: 2011-09-08 00:00:31 telah dilihat sebanyak 6466

Cokelat Hitam Lebih Baik dari Wortel Untuk Mata Sehat

Selama ini untuk memiliki mata yang tajam harus rajin makan wortel. Tapi bagi yang tidak doyan wortel, cokelat hitam (dark chocolate) bisa menjadi pilihan. Cokelat hitam bahkan lebih banyak memiliki khasiat ketimbang wortel.

Penelitian terbaru menemukan bahwa cokelat hitam (dark chocolate) dapat meningkatkan kemampuan mata untuk melihat dalam situasi kontas rendah, seperti saat cuaca buruk misalnya, seperti dilansir MSNBC, Selasa (9/8/2011).

Tidak hanya itu, penelitian ini juga menambahkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membuat lebih tajam.

Manfaat lain yang ditawarkan adalah cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah dan juga tampaknya memiliki efek yang menguntungkan terhadap kadar kolesterol, fungsi trombosit dan sensitivitas insulin.

Dalam penelitian terbaru ini, peneliti dari England’s University of Reading mempelajari 30 pria dan wanita usia 18 sampai 25 tahun untuk diuji kemampuan penglihatan dan berpikir beberapa jam setelah makan cokelat ukuran reguler secara teratur.

Ada dua kali tes, tes pertama dengan makan sebatang cokelap hitam dan tes kedua dengan cokelat putih. Perbedaannya adalah pada jumlah kandungan flavanol, yaitu senyawa alami dalam kakao. Tentu saja cokelat hitam lebih banyak mengandung flavanol ketimbang cokelat putih.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa kemampuan kakao yang mengandung flavanol dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan peneliti berspekulasi bahwa hal ini mungkin juga meningkatkan aliran darah ke retina mata.

Kabar baiknya adalah bahwa penelitian lain menunjukkan dampak positif flavanol kakao pada aliran darah bahkan lebih besar untuk orang atas usia 25 tahun.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior.

(sumber)