artikelby: vito cafe on: 2011-07-01 00:04:03 telah dilihat sebanyak 10864

Kebiasaan Sehat Yang Salah

Tak semua upaya mencapai kondisi sehat yang Anda lakukan merupakan cara yang tepat. Menurut Dr Erika Schwartz, Direktur Medis di Cinergy Health memberikan saran agar kita tidak salah langkah mencapai hidup sehat.

Berikut beberapa contoh kebiasaan sehat yang mungkin Anda lakukan yang justru bisa membahayakan kesehatan.

1. Menghindari matahari
Tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk membuat tulang tetap sehat dan mencegah penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Satu-satunya cara untuk mendapatkan vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari.

Jangan terlalu takut dengan sinar matahari. Coba dapatkan paparan matahari sebelum pukul 10.00 WIB. Satu-satunya bagian tubuh yang harus selalu dilindungi adalah wajah.

2. Menggunakan sabun antibakteri
Sabun dan gel antibakteri memang praktis dibawa dalam tas atau mobil, tetapi terobsesi dengan sanitasi bisa melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Sebenarnya mencuci tangan dengan air hangat dan sabun selama 20 detik juga mampu melindungi Anda dari kuman.

3 . Bergantung pada pendingin ruangan
Air conditioner memang terasa menyejukkan saat musim panas yang lembap. Tapi jangan hanya duduk di ruangan ber-AC seharian. Udara dalam ruangan ber-AC juga mengandung bakteri dan kuman dan tentunya semua jenis partikel debu. Untuk itu, setiap beberapa jam, matikan AC dan buka jendela. Coba juga berjalan-jalan di luar dan menghirup udara segar. Jika Anda bekerja di gedung perkantoran yang tak ada jendela, bawalah baju hangat untuk menjaga suhu tubuh saat keluar dari kantor, setidaknya untuk makan siang dan istirahat di sore hari.

4. Makan makanan organik
Makanan organik seperti buah-buahan dan sayuran memang lebih mahal. Namun, makanan itu sebenarnya juga belum matang. Tak harus makan makanan organik untuk menjadi sehat. Pilih saja makanan dengan bahan-bahan sederhana seperti rendah gula, natrium, dan karbohidrat olahan.

5. Olahraga berlebihan
Tubuh dan pikiran Anda tidak memerlukan lebih dari 3-4 kali latihan kardio selama 30 sampai 45 menit seminggunya. Tak harus olahraga berat, Anda juga bisa memvariasikan berbagai macam olahraga dengan versi santai, ringan, dan menyenangkan seperti renang, tenis, dan golf.

(sumber)