artikelby: ahmad on: 2011-06-27 00:27:39 telah dilihat sebanyak 8135

Sepotong Coklat Mungkin Bisa Menjauhkan Dari Stroke

Makan sedikit coklat setiap minggu mungkin bukan cuma bisa menjauhkan anda dari stroke, tapi juga memperkecil kemungkinan anda untuk meninggal akibat stroke.

Sebuah review dari penelitian terakhir mengenai coklat dan resiko stroke menemukan bahwa setidaknya ada dua penelitian besar yang mensugestikan manfaat coklat bagi kesehatan dalam menurunkan resiko stroke.

Hasil review ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan dari American Academy of Neurology di Toronto.

Penelitian pertama menemukan bahwa 44.489 orang yang makan satu sajian coklat per minggu punya resiko 22% lebih kecil untuk terkena stroke dibanding mereka yang tidak makan coklat.

Penelitian kedua menunjukkan bahwa 1.169 orang yang makan 50 gram coklat per minggu punya kemungkinan 46% lebih kecil untuk meninggal setelah terkena stroke dibanding mereka yang tidak memakannya.

Penelitian ketiga yang disertakan dalam review menemukan tidak adanya hubungan antara konsumsi coklat dengan resiko kematian akibat stroke.

Para peneliti mengatakan bahwa coklat, terutama dark chocolate, itu banyak mengandung antioxidant yang disebut flavonoids, yang telah terbukti punya banyak manfaat bagi kesehatan.

“Penelitian lanjutan masih diperlukan untuk menentukan apakah coklat benar-benar bisa menurunkan resiko stroke, atau apakah orang-orang yang lebih sehat itu lebih cenderung untuk makan coklat dibanding mereka yang kurang sehat,” kata Sarah Sahib, BScCA, salah seorang peneliti dari McMaster University di Hamilton, Ontario.