artikelby: vito cafe on: 2011-06-25 14:49:39 telah dilihat sebanyak 7808

Kopi Tidak Perlu Ditakuti

Banyak yang menilai negatifnya kopi karena dampaknya, namun kenyataannya, kopi justru dapat mendongkrak energi. Maka tidaklah mengherankan bila ada yang meminum kopi dari satu cangkir kopi sehari.

Kopi ternyata baik dan bisa mengendalikan asupan kopi setiap harinya, minuman ini memang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh.

Kopi Melindungi Jantung
Penikmat kopi yang mengonsumsi 1 sampai 2 cangkir kopi hitam per hari ternyata memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Alasannya, karena oleh adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi.

Kopi memiliki antioksidan lebih banyak dibandingkan blueberry. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri.

Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

Kopi Mencegah Diabetes
Antioksidan kopi, khususnya asam klorogenat dan guinides, memainkan peranan untuk meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang membantu mengatur gula darah.

Faktanya, orang yang minum kopi setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena 2 tipe diabetes (menurut beberapa penelitian).

Kopi Diyakini Dapat Menjaga Kesehatan Hati
Kopi juga bisa meminimalkan risiko munculnya sirosis dan penyakit hati lainnya. Satu analisa dari sembilan penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hati hingga 43%. Hal ini karena peran antioksidan dan kafein di dalamnya.

Kopi Meningkatkan Kekuatan Otak
Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

Kopi Berkhasiat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala
Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. Walaupun begitu belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana cara kafein menghilangkan sakit kepala, namun para peneliti meyakini bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya menegang.