artikelby: vito cafe on: 2011-06-25 13:29:39 telah dilihat sebanyak 8318

Aroma Kopi Hilangkan Stres

Menghirup uap kopi panas di pagi hari mungkin dapat membantu mengurangi stres. Demikian indikasi yang dilaporkan tim peneliti Universitas Nasiona Korea Selatan, baru-baru ini.

Dalam penelitian yang dipimpin Han Seok-Seo tersebut, dilakukan percobaan menggunakan tikus yang mengalami stres karena kurang tidur. Sebagian tikus diberi aroma kopi panggang, sebagian yang lain tidak.

Hasil studi gen mendetail menunjukkan aktivitas gen tersebut dapat membantu mengurangi stres karena kekurangan tidur pada tikus.

Mereka menambahkan, "hasilnya secara tidak langsung menjelaskan mengapa banyak orang mengonsumsi kopi untuk tetap bisa terjaga saat malam, meskipun komponen pada biji kopi mudah menguap tidak selalu konsisten dengan bahan yang hanya menggunakan ekstrak kopi. Dengan kata lain, stres yang ditimbulkan karena kurang tidur melalui kafein mungkin dapat berkurang selama menghirup aroma kopi."

Komponen aromatik yang menyebabkan hadirnya aroma kopi mungkin antioksidan, "Tetapi antioksidan disini tidak sama dengan antioksidan yang ada pada minuman." kata Joe A. Vinson, profesor ilmu kimia di universitas Scranton di Pennsilvania.

Menanggapi hasil penelitian yang akan dipublikasikan 25 Juni mendatang di Journal of Agricultural adn Food Chemistry, pimpinan Institute of Coffee Studies di universitas Vanderbilt Inggris, dr Peter R martin mengungkapkan penelitian tersebut masih belum memberikan kesimpulan yang jelas.

"terlalu dini untuk merekomendasikan orang menghirup aroma kopi agar stresnya berkurang," ujar Martin sebagaimana dikutip http://www.yahoohealth.com/

(sumber :dari berbagai artikel)