artikelby: ahmad on: 2012-02-02 00:00:32 telah dilihat sebanyak 6928

Pemanis Alami Yang Menyehatkan

Rasa manis paling disukai orang karena sangat enak di lidah. Namun, makanan manis yang mengandung gula putih bisa merusak diet Anda. Sebaiknya mulailah memakai pemanis alami yang menyehatkan.

Untuk menggantikan gula putih Anda bisa menggunakan beberapa pemanis alami, dan rasanya tidak kalah manis dengan gula putih. Selain mudah didapat, rasa manis alami juga lebih menyehatkan. Berikut pemanis alami yang sangat baik untuk kesehatan dan tidak akan mengganggu diet Anda.

1.Madu

Makanan yang berasal dari lebah madu ini kaya akan mineral dan sangat baik untuk mengeluarkan dahak dan alergi di dalam tubuh. Madu rasanya lebih manis dari gula putih, biasanya madu digunakan untuk bahan campuran saus,kue-kue, minuman dan makanan.

2.Kurma

Kurma mengandung 60% gula, rasanya lebih manis dari gula putih dan dapat meningkat jika dilakukan proses pengeringan air pada buah. Gula kurma bisa didapat dengan proses pengeringan dan penghancuran buah dan menjadi butiran bubuk. Pada masakan India sering dipakai gula kurma sehingga masakan memiliki rasa yang khas

3.Jaggery (Gur)

Jaggery adalah pemanis alami yang terbuat dari hasil konsentrasi jus tebu, memiliki warna yang gelap dan kasar. Proses pembuatan jaggery mirip dengan pembuatan sirup maple. Pemanis alami ini kaya akan zat besi dan berfungsi untuk menghilangkan racun di paru-paru.

4.Kismis

Kismis biasanya digunakan sebagai topping dan campuran pada makanan khususnya aneka kue. Menjadi pemanis alami yang baik untuk kesehatan.

5.Plum Kering dan Apel

Aneka buah kering sangat cocok untuk mempercantik warna pada makanan, tekstur dan rasa manisnya membuat buah kering ini sangat segar sehingga cocok untuk dijadikan sebagai dessert dan bahan campuran salad.

6.Buah-Buahan

Buah-buahan segar sering disajikan sebagai makanan penutup yang ringan, buah-buahan juga sering dijadikan topping es krim, puding, kue hingga jus.



sumber: detik.com